MACAM-MACAM SISTEM PEREKONOMIAN.
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu
negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu
maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi
dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor
produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua
faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di
pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua
sistem ekstrem tersebut.
Sistem ekonomi dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :
1. Sistem Ekonomi Tradisional.
2. Sistem Ekonomi Pasar (Liberal/Bebas).
3. Sistem ekonomi Komando (Terpusat).
4. Sistem Ekonomi Campuran.
1. Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi yang
diterapkan oleh masyarakat tradisional yang secara turun temurun dengan hanya
mengandalkan alam dan tenaga kerja.
*Ciri dari sistem ekonomi tradisional adalah :
- Teknik produksi dipelajari secara turun
temurun dan bersifat sederhana.
- Hanya sedikit menggunakan modal.
- Belum mengenal pembagian kerja.
*Kelebihan dari sistem ekonomi tradisional adalah :
- Tidak terdapat
persaingan yang tidak sehat, hubungan antar individu sangat erat.
- Masyarakat merasa sangat aman, karena tidak ada beban berat yang harus dipikul.
- Tidak individualistis.
- Masyarakat merasa sangat aman, karena tidak ada beban berat yang harus dipikul.
- Tidak individualistis.
*Kelemahan dari sistem ekonomi tradisional adalah :
- Teknologi yang digunakan masih sangat sederhana,
sehingga produktivitas rendah.
- Mutu barang hasil produksi masih rendah.
2. Sistem Ekonomi Pasar (Liberal/Bebas)
Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem ekonomi dimana
seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan
sepenuhnya kepada mekanisme pasar.
*Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah :
- Setiap orang bebas memiliki barang, termasuk
barang modal.
- Setiap orang bebas menggunakan barang dan
jasa yang dimilikinya.
- Aktivitas ekonomi ditujukan untuk memperoleh
laba.
*Kelebihan dari sistem ekonomi pasar antara lain:
- Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat
dalam mengatur kegiatan ekonomi.
- Barang yang dihasilkan bermutu tinggi, karena
barang yang tidak bermutu tidak akan laku dipasar.
- Efisiensi dan efektivitas tinggi karena
setiap tindakan ekonomi didasarkan atas motif mencari laba.
*Kelemahan dari sistem ekonomi pasar antara lain:
- Sulitnya melakukan pemerataan pendapatan.
- Cenderung terjadi eksploitasi kaum buruh oleh
para pemilik modal.
- Munculnya monopoli yang dapat merugikan
masyarakat.
3. Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)
Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi dimana peran
pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian.
Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi,
dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa
barang tersebut diproduksi.
*Ciri dari sistem ekonomi komando adalah :
- Semua alat dan sumber-sumber daya dikuasai
pemerintah.
- Hak milik perorangan tidak diakui.
- Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh
pemerintah.
*Kelebihan dari sistem ekonomi terpusat adalah:
- Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi,
pengangguran dan masalah ekonomi lainnya.
- Pasar barang dalam negeri berjalan lancar.
- Pemerintah dapat turut campur dalam hal
pembentukan harga.
*Kelemahan dari sistem ekonomi terpusat adalah :
- Mematikan inisiatif individu untuk maju.
- Sering terjadi monopoli yang merugikan
masyarakat.
- Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam
memilih sumber daya.
4. Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran merupakan dari sistem ekonomi pasar
dan terpusat, dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan
masalah ekonomi.
*Ciri dari sistem ekonomi campuran adalah :
- Merupakan gabungan dari sistem ekonomi pasar
dan terpusat.
- Barang modal dan sumber daya yang vital
dikuasai oleh pemerintah
- Peran pemerintah dan sektor swasta berimbang.
PERMINTAAN DAN PENAWARAN.
Ada dua kata yang tidak mungkin terpisahkan dari ilmu
ekonomi. Kedua kata itu adalah permintaan (demand) dan penawaran (supply).
Permintaan dan penawaran adalah berasal dari dua pihak yang berbeda. Permintaan
berasal dari konsumen sedangkan penawaran berasal dari produsen. Di pasar,
kedua hal yang memiliki kepentingan yang berlawanan ini akan saling
berinteraksi. Penjual mempunyai tujuan untuk menjual barang atau jasa dalam
jumlah yang sebanyakmungkin dengan harga yang setinggi mungkin. Ia akan
melakukan segala cara untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.
Sebaliknya pembeli menginginkan harga serendah mungkin, namun ia juga ingin
mendapatkan barang atau jasa sebanyak mungkin.
1.Permintaan
Pertama-tama mari kita bahas tentang pengertian permintaan
dengan meneliti perilaku pembeli di dalam pasar. Yang dimaksud dengan Permintaan adalah
jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada
berbagai tingkat harga, dan pada periode tertentu. Kita semua telah mengetahui
bahwa pada dasarnya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Ada banyak
hal yang mempengaruhi munculnya kebutuhan tersebut seperti adat istiadat, agama
dan kepercayaan, alam dan peradaban. Sebagaimana kebutuhan permintaan setiap
konsumen tidaklah sama. Lalu apa yang menentukan permintaan seseorang terhadap
suatu barang atau jasa? Jawabannya, terdapat beberapa faktor.
A. Faktor – faktor yang mempengaruhi
Permintaan :
1. Harga
2. Pendapatan
3. Harga barang lain yang berkaitan
4. Selera konsumen
5. Perkiraan
B. Hukum Permintaan
Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang
adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang
yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila
harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum
permintaan berbunyi: “bila harga naik, jumlah barang yang diminta akan
turun. Bila harga turun, jumlah barang yang diminta akan naik”. Pada hukum
permintaan berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya hukum permintaan tersebut
berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap
tetap).
2. Penawaran
Bila permintaan merupakan tinjauan kegiatan ekonomi dari
segi pembeli atau konsumen, maka penawaran merupakan kegiatan ekonomi yang
dilakukan oleh penjual atau produsen. Yang dimaksud dengan Penawaran adalah
jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual. Berikut
kita lihat faktor-faktor apa sajakah yang menentukan jumlah penawaran.
A. Faktor – faktor yang mempengaruhi Penawaran :
1. Harga
2. Teknik
produksi
3. Harga
sumber produksi
4. Perkiraan
B. Hukum Penawaran
Dapat di simpulkan bahwa semakin tinggi harga barang, jumlah
barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang,
jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut hukum
penawaran. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang
ditawarkan dengan tingkat harga. Dengan demikian bunyi hukum penawaran
berbunyi: “bila harga naik, jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik.
Sedangkan bila harga turun, jumlah barang yang di tawarkan juga akan
turun”. Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lain yang
memengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).
HUKUM PERMINTAAAN DAN PENAWARAN.
Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis
yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.”
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.”
Hukum Penawaran Berbunyi “Semakin tinggi harga suatu barang,
semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual.
Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang
tersebut yang ditawarkan.”
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar